TU

Tugas 1
Statistik2
Hai dunia maya dan seisinya perkenalkan nama say edo arya pratama, saya kuliah di universitas esa unggul saya mengambil jurusan planologi atau biasa di sebut teknik tata kota, berikut ini adalah tugas yang di berikan oleh dosen pengajar saya dalam mata kuliah STATISTIK 2.
a. Statistik vs Statistika
b. Statistik vs Parameter
c. Statistika Deskriptif vs Statistika Inferensial
d. Statistik Parametrik vs Statistik No Parametrik
Jawaban:
 A. STATISTIK VS STATISTIKA
PENGERTIAN STATISTIKA  merupakan kumpulan data yang berupa angka atau bilangan, atau sebagai deretan angka atau bilangan yang menunjukkan keterangan mengenai suatu cabang kegiatan tertentu, misalnya statistik kunjungan wisatawan ke Indonesia, statistik hotel, statistik restoran, dan lain-lain.
SEDANGKAN STATISTIKA dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari metode-metode yang perlu dipergunakan dalam pengumpulan data, penyusunan data, penyajian data, penganalisisan data, penarikan kesimpulan atau konklusi, pembuatan
perkiraan atau estimasi, dan peramalan atau prediksi secara ilmiah.
B.STATISTIK VS PARAMETER

PARAMETER adalah bilangan nyata yang menyatakan sebuah karakteristik dari sebuah populasi, contohnya mean populasi, varians populasi dan simpangan baku

STATISTIK adalah bilangan nyata yang menyatakan sebuah karakteristik dari sebuah sampel, contohnya mean/rata-rata sampel, varians sampel, simpangan baku sampel

C.STATISTIKA DESKRIPTIF VS STATISTIKA INFERENSIAL Tour Belitung

STATISTIKA DESKRIPSTIF merupakan proses transformasi data penelitian dalam bentuk tabulasi sehingga mudah dipahami dan diiterpretasikan. Deskriptif sifatnya menggambarkan atau mendeskripsikan suatu kondisi. Statistik deskriptif berfungsi mempelajari tata cara pengumpulan, pencatatan, penyusunan, dan penyajian data penelitian dalam bentuk tabel frekuensi atau grafik, danselanjutnya diakukan pengukuran nilai-nilai statistiknya seperti mean/rerata.

STATISTIK INFERENSIAL ilmu pengetahuan statistik yang bertugas mempelajari tata cara penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan populasi berdasakan data hasil penelitian pada sampel (bagian dari populasi). Berdasarkan asumsi yang mendasarinya, statistik induktif/inferensial dibedakan menjadi dua, yaitu:


d. Statistik Parametrik vs Statistik No Parametrik

Statistik Parametrik, yaitu ilmu statistik yang mempertimbangkan jenis sebaran atau distribusi data, yaitu apakah data menyebar secara normal atau tidak. Dengan kata lain, data yang akan dianalisis menggunakan statistik parametrik harus memenuhi asumsi normalitas. Pada umumnya, jika data tidak menyebar normal, maka data seharusnya dikerjakan dengan metode statistik non-parametrik, atau setidak-tidaknya dilakukan transformasi terlebih dahulu agar data mengikuti sebaran normal, sehingga bisa dikerjakan dengan statistik parametrik. 

Statistik Non-Parametrik adalah test yang modelnya tidak menetapkan syarat-syaratnya yang mengenai parameter-parameter populasi yang merupakan induk  sampel penelitiannya. Oleh karena itu observasi-observasi independent dan variabel yang diteliti pada dasarnya memiliki kontinuitas. Uji metode non parametrik atau bebas sebaran adalah prosedur pengujian hipotesa yang tidak mengasumsikan pengetahuan apapun mengenai sebaran populasi yang mendasarinya kecuali selama itu kontinu.

DAFTAR PUSTAKA :
http://www.asikbelajar.com/2016/01/statistik-deskriptif-dan-statistik.html
http://e-gu.blogspot.co.id/2013/01/parameter-dan-statistik.html
http://bunda-bisa.blogspot.co.id/2013/04/perbedaan-statistik-parametrik-dan.html
http://www.asikbelajar.com/2016/01/statistik-deskriptif-dan-statistik.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Ragam Selera Kuliner Khas Belitung

pernyataan responden