Kesimpulan


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


A.    Kesimpulan

Berdasarkan hasil pembahasan terhadap pelaksanaan fungsi pelayanan  dalam upaya meningkatkan kepuasan peserta program tour belitung Jamsostek pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol, dapat  kesimpulan sebagai berikut :
1.   Tingkat  proses kepuasan peserta adalah 1.608 : 1.876 = 0,86 atau 86%. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat proses belitung tour kepuasan peserta pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol sebesar  86% atau sangat puas.
2.  Pelaksanaan fungsi pelayanan  adalah 1.748 : 1.876 = 0,932 atau 93,2%. Kondisi ini menunjukkan bahwa travel belitung tingkat pelaksanaan fungsi pelayanan pada PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Grogol sebesar 93,2% atau sangat baik..
3.  Hubungan  fungsi pelayanan terhadap tour belitung murah kepuasan peserta Jamsostek, koefisien korelasi paket tour belitung yang ditemukan sebesar 0,820 termasuk pada kategori sangat kuat.

B.     Saran-Saran

1.      Gedung kantor yang representatif baik kualitas bangunan maupun tata ruangnya akan menciptakan kenyamanan proses pelayanan, serta akan meningkatkan citra perusahaan (corporate image).
2.      Perlu terus meningkatkan kemampuan personil pelayanan yang ada, baik melalui pendidikan dan latihan, kursus-kursus/seminar, rotasi unit kerja secara berkala dan sebagainya, dalam rangka meningkatkan pengetahuan (knowledge extend) dan kemampuan (capability extend) sebagai upaya peningkatan profesionalisme personil.
3.      Perlu adanya strategi pelayanan untuk menyajikan informasi sistem, prosedur dan manfaat program melalui penyebarluasan informasi (sosialisasi/ pembinaan) yang tepat guna pada peserta dan calon peserta, agar terbentuk peserta terdidik yang mengetahui hak dan kewajibannya.
4.      Sejalan dengan tuntutan profesionalisme di segala bidang, maka sistem manajemen informasi terpadu yang sudah ada juga harus ditunjang dengan pola pelayanan yang terpadu pula antara lain melalui pola pelayanan satu meja (one stop service).
5.      Dalam Upaya meningkatkan pelayanan yang berorientasi kepada peserta/customer, perlu adanya suatu sistem prosedur yang berlaku menyeluruh (on-line system) di semua Kantor Cabang PT. Jamsostek (Persero).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TU

pernyataan responden

Metode