Belitungku


Pengunjung tour Belitung selain dapat bermain dengan pasir putihnya yang lembut dapat  juga berenang di pantainya dengan melewati lorong-lorong batu granit raksasa dengan dan memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi atau dapat berfoto-foto disini. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, air lautnya yang sangat jernih dengan permukaan bawah laut yang berpasir. Setelah masuk di kawasan wisata ini, anda akan takjub melihat batu-batu yang sangat besar, apalagi bentuk-bentuknya yang cekung seperti gua lalu bertumpuk sampai ke batu-batu yang terdampar di tepi laut. Ada beberapa versi yang menjelaskan tentang asal-usul batu granit tersebut, salah satunya adalah teori tentang letusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda pada tahun 1883. Saking dahsyatnya letusan tersebut, bebatuaannya pun terbang hingka ke Belitung dan sebagian menancap di Tanjung Tinggi. Salah satu batu menarik lainnya adalah batu terjepit yang dimana menunjukkan suatu sudut di antara bebatuan. Ada suatu batu yang dimana ketika anda berfoto di dalam celah batunya, sesaat tubuh anda seperti menghilang.
      Dahulunya tempat ini adalah pelabuhan bagi nelayan di Desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Masyarakat disini selalu ramah terhadap tamu atau wisatawan yang berkunjung di tempat wisata ini. Di pantai ini juga terdapat beberapa tempat makan yang menyediakan menu-menu masakan laut dan kuliner lokal seperti gangan serta minuman kelapa muda. Untuk menuju lokasi ini diperlukan waktu sekitar setengah jam perjalanan darat menuju pantai ini. Belitung Tour
 4.1.4 Pantai Tanjung Tinggi
      Travel Belitung Pantai Tanjung Tinggi atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Bilik ini, terletak di Dusun Tanjung Tinggi Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan hanya berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung.
     
Pantai yang diapit oleh dua semenanjung ini berpasir putih, dan unik karena terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah. Bentuk dari batu-batu besar itu juga tidak kalah menariknya, sebagian membentuk gua, hingga dapat digunakan untuk berteduh selama hujan. Uniknya batu-batu besar di pantai berpasir putih tersebut juga dapat disaksikan di film Laskar Pelangi. Film sikuelnya Sang Pemimpi juga menampilkan keindahan tempat ini. Selain memiliki panorama alam yang indah, kawasan wisata Pantai Tanjung Tinggi juga biasa dijadikan sebagai kawasan pemancingan, olahraga diving, bermain jet ski dan olahraga laut lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Ragam Selera Kuliner Khas Belitung

TU

pernyataan responden