Morfologi


Terdapat tiga jenis morfologi yang dibahas yaitu gunung, perbukitan, dan dataran. Tour Belitung
1.            Gunung merupakan satuan morfologi perbukitan dan umumnya merupakan sub satuan perbukitan sedang hingga terjal, namun membentuk kerucut tubuh gunung. Satuan tubuh gunung tidak bisa disamakan dengan bukit karena gunung mempunyai karakteristik tersendiri di antaranya, dapat dijumpai mata air, kandungan gas beracun, dan sumber daya mineral lainnya khas gunung. Belitung Tour
2.            Perbukitan adalah bentuk bentang alam yang memperlihatkan relief baik halus maupun kasar, serta membentuk bukit-bukit dengan kemiringan lereng bervariasi. Secara lebih rinci satuan morfologi perbukitan dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu:
-                Sub satuan morfologi perbukitan landau dengan kemiringan lereng antara 5-15% dan memperlihatkan relief halus.
-                Sub satuan morfologi perbukitan sedang dengan kemiringan lereng berkisar antara 15-40% dan memperlihatkan relief sedang.
-                Sub satuan morfologi perbukitan terjal dengan kemiringan lereng lebih dari 40% dan memperlihatkan relief kasar. Paket Tour Belitung
3.            Dataran merupakan bentuk bentang alam yang didominasi oleh daerah yang relatif datar atau sedikit bergelombang dengan kisaran kelas lereng 0-5%.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Ragam Selera Kuliner Khas Belitung

TU

pernyataan responden