Goa Gong Pacitan


Goa Gong merupakan obyek wisata yang sangat terkenal dengan batuan alam cantik, sehingga UNESCO atau organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menobatkan Goa Gong di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur menjadi goa terindah se-Asia Tenggara dan termasuk Goa yang memiliki batuan stalakmit dan stalaktit terlengkap Se-Indonesia. Terletak pada ketinggian 718 mdpl dengan mulut Goa yang bisa dibilang cukup kecil yaitu hanya berkisar tinggi 2,5 meter dan lebar 4 meter menghadap ke arah timur, Goa ini merupakan goa yang cukup besar dengan jalur horizontal yang memiliki panjang sekitar 256 meter untuk masuk kedalam ujung goa. Tour Belitung  Untuk menjelajahi seluruh lorong dan bagian dalam goa pengunjung memerlukan waktu ±2 jam.
Tidak hanya menyuguhkan panorama batuan stalagmit dan stalagtit yang sangat indah di dalam Goa Gong, di sini wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam perbukitan dengan latar belakang perkebunan dan hutan milik warga setempat. Selain itu wisatawan juga dapat membeli souvenir yang dijual di area khusus pedagang kawasan wisata yang telah disediakan oleh pengelola berupa kios-kios deret yang menjual berbagai macam souvenir khas Kabupaten Pacitan seperti batu-batuan akik yang dijadikan perhiasan atau pajangan yang dijual dengan harga mulai dari Rp.10.000,- sampai yang paling mahal yaitu Rp.10.000.000,- . Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Goa Gong wisatawan harus membayar tiket masuk di loket pembayaran dengan tarif Rp. 30.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 20.000 untuk anak dibawah 6 tahun.
Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi berupa kendaraan roda 4 atau lebih harus memarkirkan kendaraanya di parkiran Belitung Tour khusus roda 4 atau lebih dan membayar sewa parkir sebesar Rp.5.000 untuk roda 4, 15.000 untuk bus kecil, dan 25.000 untuk bus besar. Parkiran tersebut terletak 200 meter dari pintu masuk/ mulut goa, bagi wisatawan yang tidak ingin kelelahan dapat menaiki jasa ojek dari tempat parkir tersebut dengan membayar Rp.10.000 sampai dengan loket pembayaran yang jauhnya sekitar 50 meter dari pintu masuk/ mulut goa. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan roda 2, dapat memarkirkan kendaraannya di parkiran khusus kendaraan roda 2 yang letaknya dekat loket tiket.
Dari loket tiket, wisatawan harus berjalan menaiki jalur setapak yang telah disediakan sebelum sampai ke pintu masuk/ mulut goa. Sesampainya dibagian atas, wisatawan dapat melihat pemandangan indah perbukitan sebelum pada akhirnya wisatawan dapat masuk ke dalam Goa Gong melalui pintu masuk/ mulut goa. Pada kawasan obyek wisata Goa Gong jenis tanah yang ada disana adalah jenis tanah keras yang tingkat kepekaan terhadap longsornya diklasifikasikan sebagai jenis tanah yang tidak peka terhadap longsor.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Ragam Selera Kuliner Khas Belitung

TU

pernyataan responden