Kelurahan Karangsari


Berdasarkan landasan teori diatas, penulis akan menjabarkan masalah – masalah dalam permukiman berdasarkan kelima elemen yang dipaparkan oleh Doxiadis.
3.1 Kelurahan Karangsari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang
1.      Lindungan (Shell)
Elemen lindungan meliputi :
-          Perumahan Tour Belitung
Permasalahan : masih tingginya angka defisit rumah (backlog), kawasan kumuh dengan rumah tidak layak huni (RTLH) yang belum teratasi tuntas, dari sisi kemitraan peran serta dan keswadayaan masyarakat masih rendah.
-          Fasilitas Sosial
Fasos adalah fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dalam lingkungan pemukiman, misalnya puskemas, klinik, sekolah, tempat ibadah, pasar, tempat rekreasi, taman bermain, tempat olahraga, ruang serbaguna, makam, dan lain sebagainya.
Permasalahan yang sering terjadi di Pemukiman jl.dr sitanala kecamatan neglasari kelurahan karangsari adalah :
·         Puskesmas dan klinik : Masih kurangnya pelayanan dan perawatan yang diberikan.
·         Sekolah  : di komplek Ini terdapat Taman kanak-kanak, sekolah dasar negeri,sekolah mengengah pertama swasta, sekolah menengah atas Swasta dan madrasah. Permasalahannya ada dimana taman kanak-kanak dan madrasah dengan gedung yang lama, selain itu keadaan SD,SMP dan SMA hanya kurangnya fasilitas penunjang sekolah seperti pengadaan komputer dan proyektor. Belitung Tour

2.      Masyarakat
Permasalahan :
Adanya kesenjangan sosial antara komplek dan belakang komplek sehingga membuat masyarakat sekitar jarang berkomunikasi atau berinteraksi.
Banyak masyarakat sekitar yang berpenghasilan dibawah UMR bahkan masih ada yang menjadi pengangguran. Sehingga membuat mereka hanya menghabiskan waktunya untuk berkumpul yang terkadang mengganggu warga sekitar. Paket Tour Belitung
3.      Manusia (Kebutuhan biologis dan emosional)

-          Kebutuhan biologis : Hak pejalan kaki yang kurang nyaman dikarenakan di komplek ini sering terjadi kemacetan. Dimana komplek ini mempunyai jalur yang sering dilalui oleh pengendara mobil maupun motor sehingga membuat pejalan kaki merasa kurang nyaman dengan suasana yang semerawut.
-          Kebutuhan emosional : Banyaknya mobil yang parkir dipinggir jalan atau depan rumahnya, sehingga mengakibatkan pengendara mobil kesulitan dalam melalui komplek ini

4.      Alam
Permasalahan : Sering terjadi banjir ketika musim hujan, dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan khususnya di drainase – drainase sehingga menyumbat aliran air yang mengalir dan menyebabkan banjir.

5.      Jejaring
Masalah Sistem Jaringan :
Jaringan drainase dikelurahan Karangsari tidak terlalu diperhatikan akan kebersihannya. Dimana masih terdapat banyak sampah yang berada di drainase tersebut, sehingga bisa menyumbat aliran air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Ragam Selera Kuliner Khas Belitung

TU

pernyataan responden