Tambang Bangka-Belitung


Sudah kita ketahui bahwa Bangka Belitung terkenal dengan hasil tambangnya atau biasanya masyarakat Belitung menyebutnya dengan istilah IT(Tambang Inkonvensional).Semua kepala keluarga dan masyarakat Bangka Belitung menghasilkan nafkah untuk keluarga dengan pekerjaan menambang timah.Timah adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi masyarakat tour belitung sekitar.Karena itulah lingkungan di Bangka belitung khususnya belitungTimur sudah sangat memprihatinkan.Dimana setiap tanah yang dulunya hutan-hutan sangat rimbun dan lebat sekarang hutan tersebut sudah gundul.Ini semua adalah ulah masyarakat sekitar yang telah mengambil lahan untuk mereka jadikan pekerjaan mereka mengambil timah sebanyak-banyaknya tanpa mereka ketahui bahwa bila semua tanah digali dan lingkungan sudah tidak ada yang baik pulau belitung tercinta akan hancur dengan sendirinya. belitung tour
1.Interaksi
Manusia memang sangat membutuhkan sumber daya alam, lalu kita tahu bahwa penambangan illegal secara terus-terusan akan mengakibatkan kehancuran bagi bumi kita, dan juga berdampak kepada pencemaran lingkungan sekitar pertambangan.
2.saling Ketrgantungan paket tour belitung
Manusia hidup di bumi ini sangat bergantung kepada alam,alam juga sangat erat hubungannya dengan manusia, maka bila di biarkan pertambangan illegal secara terus-menerus ,maka pencemaran air bersih akan terjadi berkurangnya hutan, juga pemborosan sumber daya alam, karena manusia pasti akan hidup secara berkelanjutan. paket wisata belitung
3.keanekaragaman
Makhluk hidup banyak jenis dan cara hidupnya pun berbeda, Pelepasan bahan kimia beracun ke dalam air jelas berbahaya bagi flora dan fauna di air,selain polusi proses pertambangan timah ini membutuhkan air dari sumber air di dekatnya.Misalnya air yang digunakan untuk mencuci timah.Hasilnya adalah kadar air dari sungai maupun air sumur yang digunakan untuk itu akan berkurang dan menjadi kering.Bahkan bisa membuat air tersebut tercemar dan air menjadi tidak bersih(keruh).Air lubang tambang mengandung berbagai logam berat yang dapat merembes ke sistem air tanah dan dapat mencemari air tanah sekitar. Potensi bahaya akibat rembesan ke dalam air tanah seringkali tidak terpantau akibat lemahnya sistem pemantauan perusahaan-perusahaan pertambangan tersebut. Di pulau Bangka dan Belitung banyak di jumpai lubang-lubang bekas galian tambang timah (kolong) yang berisi air bersifat asam dan sangat berbahaya.
4.keharmonisan
Keharmonisan atau keseimbangan,alam dan makhluk hidup sangat harmonis, bila manusia menjaga alam dengan baik dan di pergunakan dengan baik, maka lingkungan akan memberikan dampak positif secara berkelanjutan.
5.kemampuan berkelanjutan
Makhluk hidup harus menjaga kelestarian pada empat prinsip di atas supaya tidak terjadi kekurangan sumber daya di masa yang akan datang, dan lahan tetap tersisa untuk manusia dan alam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencicipi Ragam Selera Kuliner Khas Belitung

TU

pernyataan responden