Kesimpulan


Kesimpulan
Kebijakan permukiman terkait dengan permukiman kumuh perkotaan seharusnya diintegrasikan dengan perspektif pengentasan kemiskinan perkotaan. Salah satu kendala komunitas kumuh kota di dalam keluar dari garis kemiskinan adalah bahwa  kelembagaan tour belitung masyarakat di lingkungan tersebut kurang memberi akses bagi Social Inclusion, empowerment maupun security.
Model PMPKB yang dimulai dari pemetaan masalah belitung tour partisipatif sampai dengan rencana tindak komunitas serta diakhiri dengan paket tour belitung peningkatan kapasitas dalam perencanaan partisipatif untuk bisa memetakan masalahnya sendiri, mengeksplorasi potensi pengatasan masalah serta menyusun tour belitung murah program sertab mengintegrasikannya dengan kota sebagai potensi/peluang pengatasan masalah. Untuk itu pengintegrasian dengan rolling plan perencanaan pada tingkat paket tour belitung kota, bisa menjadi instrumen untuk mengakomodasi aspirasi masyarakat  melalui perencanaan bottom-up (bottom-up planning) yang bisa menjamin dan memastikan terintegrasinya proses bottom-up pada tingkat kelurahan (sub kota) di dalam dokumen perencanan pada tingkat kota sebagai percepatan upaya pengentasan kemiskinan.
Community capacity (kapasitas masyarakat) akan menjadi tolok ukur yang menentukan kualiats perencanaan pada level kelurahan. Untuk itu diperlukan pemberdayaan masyarakat pada tingkat kelurahan terkait dukungan kepala kelurahan dan tokoh masyarakat sangat diperlukan.
Kendala penerapan model adalah masih adanya persepsi masyarakat bahwa masyarakat sebagai penerima bantuan (recipient of aids) bukan sebagai aktor perencanaan yang mampu mengambil keputusan terhadap apa yang mereka butuhkan dan apa yang seharusnya dilakukan untuk memecahkan masalah sesuai dengan potensinya. Oleh karenanya sosialisasi kegiatan menjadi penting. Seringkali kegiatan pemberdayaan masyarakat ditangkap sebagai kegiatan yang berujung pada pemberian bantuan bukan pada peningkatan kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya dan potensi yang ada untuk pada akhirnya mereka bisa meraih bantuan sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TU

pernyataan responden

Metode