Disiplin Kerja

Disiplin adalah fungsi operatif keenam dari manajemen sumber daya manusia. Disiplin menjadi kunci terwujudnya tujuan organisasi, Tour Belitung pegawai dan masyarakat, karena disiplin merupakan pelaksanaan yang teratur dan menunjukkan tingkat kesungguhan tim kerja dalam Belitung Tour organisasi. Tanpa disiplin pegawai yang baik, sulit bagi organisasi Paket Tour Belitungmencapai hasil yang optimal.  
Menurut Hasibuan (1996 : h. 40) Disiplin adalah:
“Kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan organisasi dan norma-norma sosial yang berlaku”.

Menurut Poerwadarminto (1993 : h. 699) Kesadaran adalah:

“Sikap seseorang yang secara suka rela Tour Belitung Murah mentaati semua peraturan dan sadar akan tanggung jawabnya. Jadi ia akan mematuhi atau mengerjakan semua tugasnya dengan baik, bukan atas dasar paksaan”.

Menurut Nitisemito (1995 : h.9) Kesediaan adalah:

“Suatu sikap, tingkah laku dan Travel Belitung perbuatan seseorang yang sesuai dengan peraturan organisasi baik yang tertulis maupun tidak”. 
Menurut Arikunto (1990: h. 114) mengatakan:

“Disiplin merupakan sesuatu yang berkenaan dengan pengendalian diri seseorang terhadap bentuk-bentuk aturan. Peraturan dimaksud dapat diterapkan oleh orang yang bersangkutan maupun berasal dari luar”.

Menurut Sutisno, 1987: h. 97 menyatakan bahwa disiplin adalah:
a.   Proses atau hasil pasrahan atau pengendalian keinginan, dorongan demi satu cita-cita untuk mencapai suatu tindakan yang lebih efektif.
b.   Pencarian suatu cara bertindak yang terpilih dengan gigih, aktif dan diarahkan sendiri sekalipun menghadapi rintangan.
c.    Latihan yang mengembangkan pengembangan diri, karakter atau keadaan serba teratur dan efisien.
d.   Penerimaan atau kepatuhan terhadap kekuasaan kontrol.
Dari definisi di atas maka disiplin diartikan bilamana pegawai            selalu datang dan pulang pada waktunya, mengerjakan pekerjaannya dengan baik, mematuhi semua peraturan organisasi dan norma-norma sosial yang berlaku.
Disiplin yang baik mencerminkan besarnya rasa tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya, hal ini mendorong gairah kerja, semangat kerja dan mendukung terwujudnya tujuan organisasi, pegawai dan masyarakat. Karena itu pimpinan berusaha agar pegawainya mempunyai disiplin yang baik. Seorang pimpinan dikatakan efektif dalam kepemimpinannya jika para pegawainya berdisiplin baik. untuk memelihara dan memeningkatkan kedisiplinan yang baik adalah hal yang sulit, karena banyak faktor yang mempengaruhinya.
Di dalam disiplin pegawai diperlukan peraturan dan hukuman. Peraturan ini sangat diperlukan untuk memberikan bimbingan dan penyuluhan bagi pegawai, dalam menciptakan tata tertib yang baik di organisasi. Karena dengan tata tertib pegawai yang baik, maka semangat kerja, moral kerja, efisiensi dan efektivitas kerja pegawai akan meningkat. Hal ini akan mendukung tercapainya tujuan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TU

pernyataan responden

Metode